Bangga Putra Desa Jadi Pengusaha Sukses

Selain itu, dengan bertani maka kebutuhan pokok masyarakat desa dapat terus terjamin. Ini dikarenakan, sebagian dari hasil panen akan disimpan di lumbung untuk kebutuhan makan hingga satu tahun ke depan. Selain itu, usaha ini juga bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Dengan begitu, perputaran ekonomi di desa akan selalu stabil, dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Sekalipun kini sudah banyak dilakukan pembangunan, tetapi jumlah tanah yang tersisa masih jauh lebih banyak. Tentu ini kesempatan bagus bagi orang kota yang ingin sekadar membangun hunian di desa.

Seperti membuat kripik buah, jika di desa Anda memiliki pasokan buah yang cukup banyak. Karena untuk memakai akses web, seseorang harus memiliki smartphone, komputer atau laptop dan sebagainya. Jika Anda saat ini tinggal di desa dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari berbisnis. Bisnis-bisnis ini tentunya bisa membantu mendongkrak penghasilan Anda lebih besar lagi.

Kamu ingin bergelut di bisnis pertanian akan tetapi tidak memiliki lahan yang cukup? Kamu yang pynya modal cukup maka kamu bisa menjadi seorang toke atau pengepul. Tauke di sini adalah majikan yang tugasnya mengumpulkan berbagai jenis barang langsung dari petani kemudian menjualnya kembali ke perusahaan atau pabrik dengan margin keuntungannya. Tak ada alasan untuk tidak meraih sukses berwirausaha meski tinggal di desa. Justru di desalah peluang Anda untuk meraih kesuksesan dari usaha yang dirintis semakin besar. Selain belum banyak saingan, berbisnis di desa juga bisa menekan biaya operasional atau investasi awal, semisal tanah, karena harganya juga tak semahal di perkotaan.

Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak, sehingga upaya membangun generasi sehat dan tangguh menjadi pekerjaan rumah orang tua. Ada dua pekerjaan rumah agar anak menjadi generasi sehat dan tangguh yang harus dicarikan solusinya, salah satunya literasi digital. Seorang petani muda asal Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Tarmin berdonasi 5.000 bibit tanaman untuk warga terdampak Covid-19. TNI/Polri ini, ujar Gus Yusuf, perangkat negara yang paling lengkap sampai ke tingkat bawah. Harapannya, setiap anggota TNI/Polri dalam menjaga kamtibmas, sekaligus berpatroli mencari warga yang kelaparan. Selain itu, jelas Gus Yusuf, mereka terdampak secara ekonomi akibat pandemi, akhirnya telantar.

Menjadi Pebisnis dari desa

Sebagaimana Steve Jobs katakan dengan bijak, “jika Anda melihat lebih dekat, sebagian besar kesuksesan membutuhkan waktu yang lama.” Jangan takut untuk menginvestasikan waktu di perusahaan Anda. Belajar dari pengusaha yang telah sukses adalah salah satu cara yang baik untuk kita contoh. Memiliki seorang mentor adalah berkah yang luar biasa bagi seorang wirausahawan, tetapi tidak semua orang dapat menemukan mentor pribadi untuk dirinya.

Tujuannya adalah agar ada pertukaran budaya, selain tujuan utamanya untuk menggerakkan masyarakat desa. Hal yang terakhir dalam membuat usaha makanan yang menguntungkan di desa dengan modal kecil. Usaha seperti catering ini jelas sangat menjanjikan karena bagi para pelaku usahanya tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Hanya satu hal yang harus dilakukan yaitu berupa sebuah promosi dari orang ke orang.

Saat ini belanja on-line sudah menjadi kegiatan yang tidak bisa terpisahkan. Tempat belanja online yang menjadi favorit semua kalangan adalah di e-commerce. Nah, e-commerce ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. Buatlah akun e-commerce dengan baik, mulai dari profil, unggahan katalog deskripsi dan sebagainya. Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan setelah menemukan supplier yang sesuai untuk menjadi rekan bisnis jangka panjang, maka tidak ada salahnya jika kita menjalin hubungan yang baik dan lebih dekat dengan mereka. Ini juga bisa dilihat sebagai bentuk kesungguhan kita di dalam menjalin kerja sama dengan mereka.

“Kehidupan sosial pedesaan sangat berbeda. Orang punya waktu untuk berteman baik. Seseorang bisa tiba-tiba mengundang Anda pulang untuk makan,” ujar Sridhar. Untuk menjadi seorang pengusaha sayuran segar, Anda tak harus pandai menanam atau menjadi petani sayurannya. Usaha kedai kopi kecil-kecilan ini bisa dikombinasikan dengan menjual aneka makanan ringan, kue atau gorengan serta mie prompt. Tapi jika Anda bisa mendapatkan banyak pelangan yang berbelanja setiap hari, tentu keuntungan bersih sebesar 2-3 juta per bulan bahkan lebih bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan. Meskipun keuntungan per pulsa atau per token pulsa yang terjual tidak begitu besar, tapi jika Anda mampu mendapatkan banyak pelanggan setiap hari, tentu keuntungan per bulan yang akan didapatkan lumayan besar. Karena modal awal yang dibutuhkan untuk memulainya tidak begitu besar.